Ellis Marsalis, Legenda Jazz yang Meninggal karena Covid-19

Marsalis

Marsalis adalah legenda jazz yang mencetak banyak musisi, termasuk Harry Connick Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Legenda jazz dunia, Ellis Marsalis, meninggal dunia setelah berjuang melawan pneumonia yang disebabkan corona virus corona baru (COVID-19). Putranya, Ellis¬†Marsalis¬†III mengatakan, pianis jazz tersebut meninggal dunia di usianya yang ke-85 tahun.

“Pneumonia adalah penyebab kematiannya. Tapi itu disebabkan COVID-19,” kata putra bungsu Marsalis tersebut dikutip TIME, Jumat (3/4).

Ellis III mengatakan, dia berkendara dari Baltimore, Amerika Serikat (AS) pada Ahad lalu. Hal itu dilakukan agar bisa bersama sang ayah saat dia dirawat di rumah sakit.

“Aku bersamanya di rumah sakit selama enam atau tujuh jam kemarin. Branford menemaninya pada Senin, aku kemarin dan Jason bersamanya hari ini. Dia meninggal dunia pas Jason pergi,” kata Ellis III.

Empat dari enam orang anak laki-laki Ellis Marsalis adalah musisi hebat di AS, yakni Wynton, pemain terompet andal AS yang jadi sutradara di Lincoln Center in New York. Putra kedua adalah Branford, pemain saksofon yang jadi pemain utama di band The Tonight Show dan ikut tur bersama Sting.

Delfeayo, pemain trombon yang seorang musisi dan produser rekaman kenamaan. Jason, seorang drummer, memiliki sebah band. Sementara Ellis III, keluar dari jalur musik, dia seorang fotografer dan penyair dari Baltimore. Salah satu murid selebritas Marsalis adalah Harry Connick Jr.

Sebelumnya, Wali kota New Orleans LaToya Cantrell mengumumkan kematian sang musisi lewat sebuah keterangan pada Rabu (1/4) malam. “Ellis Marsalis adalah seorang legenda. Dia purwarupa saat kita memboicarakan soal New Orleans jazz,” kata Cantrell yang menyebut sosok Marsalis sebagai seorang guru, ayah dan ikon.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/q879tb463/ellis-marsalis-legenda-jazz-yang-meninggal-karena-covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.